Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 19 November 2017

Resume Seminar Pendidikan, bag 2

Pemateri II
Dr. Ir. Supriyanto about Manajemen Sekolah

Belai tidak banyak menjelaska hal, akan tetapi pesan yang belaiu sampaikan :
1.      bahwa sekolah wajib untuk menjalankan 8 standar (isi, proses, kelulusan, PTK, sarpras, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian)
2.      Seorang Kepala sekolah harus menjadi EMASLIM (edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator)
3.      Sekolah yang bermutu adalah sekolah yang bisa menghasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
4.      Mampu mendongkrak nilai, dengan pembelajaran yang variatif
5.      Kemudian beliau menjelaskan tentang contoh manajemen sekolah (yang tidak bisa disampaikan di sini)

Pemateri III
Maman Sulaeman, M.Pd about Stategi Pembelajaran

Pemateri yang paling banyak bercerita dan berbagi pengalaman selama beliau mengajar.
Beliau adalah seorang guru, wakasek kurikulum dan kepala Biro penelitian IHBS. Beliau menayampaikan hal penting tentang Pengajar dan pengajaran :
1.      Beliau menyampaikan sambutan Gubernur Jakarta, Pak Anis Baswedan :“Sekolah jaman sekarang, siswanya abad 21 gurunya abad 20 dan kelasnya abad 19”.
2.      Beliau membacakan moto “bagaimana bayangan akan tegak, apabila bendanya bengkok”
Artinya ketika kita ingin siswa kita kahlaknya baik dan disiplin, maka kita sebagai guru harus disiplin dan baik dulu akhlaknya.
3.      Beliau bercerita bahwa pentingnya model dan teknik pembelajaran, diantaranya adalah pembelajaran dengan diskusi, koperatif, inquiry, snow ball, jigsaw, ceramah, mencatat dengan mind map dll. Hal tersebut bisa diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
4.      Strategi pembelajaran meliputi :
-          Tujuan pembelajaran
-          Memilih model pembelajaran
-          Menetapkan metode dan teknik pembelajaran
-          Menentukan kriteria/ukuran dalam mengukur keberhasilan
5.      Dalam sebuah manajemen, yang terpenting adalah keteraturan dan perbaikan. Dalam keadaan senang ataupun tidak senang tetap harus Rapat.
6.      Beliau bercerita bahwa beliau menjadi juara 1 guru terbaik di Bekasi dan juara 3 blog pendidik.
7.      Dikala teman gurunya menggunakan buku penerbit Erlangga untuk mengajar, justru beliau tidak suka dengan cara seperti itu, bahwak beliau membuat sendiri modul dan lesson plan pembelajarannya, sehingga model dan materi pembelajaran sudah dikuasai oleh pengajar.
8.      Seorang dokter yang salah dalam menangani dan memberikan obat, dokter tersebut telah melakukan malpraktek, sedangkan guru yang tidak memiliki lesson plan (RPP) saat pembelajaran, maka guru tersebut telah melakuakn malpraktek
9.      Trik menjadi guru terbaik caranya adalah pada setiap pembelajaran harus dievaluasi.
Beliau menutup dengan apa yang disampaikan oleh Pak Anis Baswedan, bahwa “siswa itu seperti biji yang baru tumbuh, jangan kita harapkan langsung akan tumbuh batang, daun dan buahnya, maka siswa pun seperti itu, dia akan tampak semuanya ketika ia dewasa”.

Demikian, semoga bermanfaat dan berfaidah.

Maha suci Allah kami memuji, Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, kami meminta ampun dan bertaubat kepadaMu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar